Belajarriangriang.com

belajarriangriang.blogspot.com Media Belajar Sepanjang Hayat

Rabu, 25 Desember 2019

Jenis-jenis Daun Berdasarkan Jenis Tulang Daun


Daun pada tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupannya sendiri maupun untuk lingkungan sekitar. Daun memiliki stomata untuk bernafas dan menghasilkan oksigen bagi manusia. Daun juga berperan sebagai "Dapur" agar tumbuhan dapat memasak makanannya sendiri dalam proses fotosistesis. 

Nah tahukah kamu beberapa jenis daun berdasarkan tulang daun, berikut selengkapnya:

Daun Sejajar

Tipe tulang daun bertulang sejajar sering kita temukan pada tumbuhan yang berbiji tunggal atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Monocotyledoneae.

Contoh nya adalah daun padi, daun alang-alang, daun aren, daun alang-alang, daun palem, daun jagung, daun tebuh, daun serai, daun rumput gajah, dan daun bambu.



Pohon palem dengan jenis daun sejajar

Daun Menyirip

Tulang daun ini memiliki ciri ciri seperti sirip ikan maka dari itu disebut tulang daun menyirip.

Contoh tumbuhan yang memiliki Jenis-Jenis Tulang Daun menyirip adalah daun pohon mangga, daun pohon laban, daun pohon mahoni, daun pohon jambu biji, daun pohon jambu air, daun pohon beringin, daun pohon teh, daun pohon coklat, daun pohon ketapang dan daun pohon nangka.



Pohon jambu biji dengan jenis daun menyirip

Daun Menjari

Pada tipe tulang daun ini, bentuk dan fisik dari tulang daun menjari mirip seperti jari manusia. Tipe tulang daun menjari ini merupakan tipe tulang daun yang memperlihatkan susunan seperti jari jari tangan.

Contoh tumbuhan yang memiliki tulang daun menjari adalah daun pohon singkong, daun pohon pepaya, daun pohon jarak, daun pohon pagar, daun pohon ubi jalar, daun pohon kapuk, daun pohon bunga matahari, daun pohon labu dan daun pohon melon.



Pohon Betadine  dengan jenis daun menjari

Demikianlah tulisan mengenai jenis daun berdasarkan tulang dalam daun yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan dan pemahaman kita semua Aamiin.

Berikut Sebagai Bahan Bacaan Materi tentang Daun









Perhatikan Video Berikut Ini:


Berikut Adalah Quiz:


9 komentar:

  1. Mantaaap ilmu nya paaak.. lagu nya ceria..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bunda Megaadyna, Alhamdulilah semoga dapat memberikan manfaat terutama kepada peserta didik kita di sekolah dasar kelas 4 SD.

      Lagu itu untuk memberikan semangat dan keceriaan, tepat sekali jika lagunya ceria.

      Hapus
  2. Artikel jelas, gambar juga jelas, apa di Bengkulu nama pohon kelapa sama dengan pohon palem ya ? pada gambar iti kok sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bunda Arsida
      Sedikit saya jelaskan mengenai Palmae atau Suku Palem

      Contoh dari tanaman suku Palmae adalah sebagai berikut:

      Kelapa (Cocos nucifera) yang bermanfaat sebagai bahan baku minyak goreng dan gula merah. Batangnya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Sagu (Metroxylon sagu) yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok. Sagu juga banyak dijadikan tepung sagu yang bisa diolah lagi untuk membuat kue. Enau (Arenga pinnata) yang dimanfaatkan sebagai bahan baku gula nira karena menghasilkan cairan nira, sedangkan buahnya adalah kolang-kaling yang dapat dimanfaatkan sebagai campuran es buah atau manisan. Gebang atau Gabang (Corypha utan) merupakan palem berbentuk pohon tunggal. Gebang sangat unik, karena ia hanya berbunga dan berbuah satu kali, yaitu di akhir hidupnya.

      Merujuk pada bentuk daunnya, semua jenis Palmae atau Palem memiliki jenis daun sejajar.

      Semoga dapat membantu.

      Hapus
  3. kalo pohon jati termasuk akar apa ya pak guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pohon jati termasuk ke dalam jenis tumbuhan dikotil atau berkeping dua dengan ciri utama adalah bercabang. Selain itu juga pohon bercabang selalu memiliki akar tunggang. Jangan salah ya akar tunggang bukan akarnya tunjang. Jadi pohon jati memiliki akar tunggang. Bunda bisa merujuk ke https://youtu.be/-Cp32zSdG1o

      Hapus
  4. Kalau daun jagung itu masuk kategori jenis daun apa pak,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. efrideplin.com
      4 Januari 2020 05.42
      Daun jagung memiliki ciri daunnya panjang dengan bentuk tulang daun sejajar mengikuti alur bentu daunnya yang panjang. Oleh sebab itu daun jagung masuk kategori jenis daun sejajar. Semoga dapat membantu.

      Hapus
  5. Daun jagung memiliki ciri daunnya panjang dengan bentuk tulang daun sejajar mengikuti alur bentu daunnya yang panjang. Oleh sebab itu daun jagung masuk kategori jenis daun sejajar. Semoga dapat membantu.

    BalasHapus