Belajarriangriang.com

belajarriangriang.blogspot.com Media Belajar Sepanjang Hayat

Rabu, 25 Desember 2019

Bentuk-bentuk Akar Pada Tumbuhan

Sumber foto goggle

Akar adalah salah satu bagian tumbuhan yang tumbuhnya di dalam tanah. Akar merupakan organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama yaitu untuk menghisap air dan garam mineral dari dalam tanah. Akar memiliki struktur luar yang terdiri dari daerah perumbuhan akar, tudung akar dan bulu akar

AKAR

Rambut akar
Rambut akar atau bulu akar merupakan tempat masuknya udara dan zat hara dari tanah ke tumbuhan.

Tudung akar
Memiliki fungsi sebagai pelindung akar saat akar menembus tanah

Pada kesempatan ini, kita akan memaparkan dan menguraikan tentang jenis-jenis akar dan struktur akar pada tumbuhan serta contohnya. Berikut penjelasannya.

Jenis Akar Pada Tumbuhan

Ada dua jenis akar pada tumbuhan, yaitu akar serabut & akar tunggang. Selain itu juga ada akar khusus yaitu akar gantung, akar tunjang, akar napas dan akar pelekat.

Akar serabut

Jenis ini memiliki bentuk seperti serabut. Bagian pangkal dan ujung akar memiliki ukuran yang sama besarnya. Semua bagian akar keluar dari batang. Jenis akar ini hanya dimiliki oleh tanaman monokotil seperti padi, jagung & tebu.


Akar tunggang

Akar ini memiliki akar utama. Dimana akar utama bercabang-cabang menjadi bagian yang lebih kecil. Jenis akar ini hanya dimiliki oleh tumbuhan dikotil. Seperti, pohon jeruk, mangga, dan kacang-kacangan. Namun, jika tanaman dikotil di tanam dengan cara di cangkok atau di stek, maka akarnya tidak berakar.


Akar gantung

Akar ini tumbuh dari bagian batang di atas tanah. Akar ini terbang di udara dan tumbuh ke arah tanah. Contohnya pada akar gantung pohon beringin.

Akar tunjang

Tumbuhnya dari bagian akar bawah ke segala arah. Akar ini sebagai-olah menunjang batang agar tidak rebah. Contohnya akar pohon pandan dan bakau.


Akar Nafas

Tumbuhnya tegak lurus ke atas sehingga muncul dari permukaan tanah atau udara. Ini adalah tanaman yang ditanam. Akar Breath memiliki banyak celah untuk jalan masuk udara. Contohnya kayu pohon kayu api.


Akar pelekat

Tumbuhnya disepanjang batang yang berguna untuk ditempelkan pada kayu, menempel atau menanam lain. Akar ini hanya dimiliki oleh tanaman yang tumbuh, contohnya tanaman lada dan sirih.


Selengkapnya simak video berikut ini:






Berikut Bahan Bacaan Materi tentang AKAR:


Berikut adalah Quiz


13 komentar:

  1. Masing masing akar diberi contoh pak biar pembaca tahu contoh akar akar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bunda Margiyati, sengaja tidak ditampilkan semuanya karena dengan memahani bacaan secara seksama insya Allah akan tahu jenis akar dari contoh setiap tanaman.

      Hapus
  2. Kalau pohon kelapa termasuk jenis akar apa ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pohon kelapa termasuk ke dalam jenis tumbuhan monokotil. Dengan demikian pohon kelapa memiliki akar dengan jenis akar serabut.

      Hapus
  3. Mksih infonya KK.baru tw kami kalau akar tu banyak macam nya.
    Setau kami ya satu aja akar gak ada namanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak dengan lebih jauh kita mengetahui banyak jenis akar ada hal yang penting sebagai ungkapan filosofi dari akar, yakni akar selalu berada di dalam tanah namun sangat berperan penting untuk tegakknya dan tumbuhnya sebuah tumbuhan atau pohon. Ayat-ayat kauniyah dari sang pencipta. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. jadi ingat jaman bunda kuliah dulu belajar tentang tanaman, jenis akar akan menentukan juga jenis buat biasanya jenir akar tunjang terdapat pada tanaman dengan batang yg keras sangat bermanfaat terutama yang kuliah di pertanian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, akar tunjang untuk menunjnag tanaman agar tetap dapat berdiri kokoh. Apalgi di jurusan pertanian sangat komprhensif dibahas seluk beluk tentang tanaman. Ini merupakan materi pelajaran siswa kelas 4 SD yang membahas tentang akar secara umum. Semoga mereka menjadi generasi penerus yang sholeh sholehah juga Amanah dalam memangku negeri ini Aamiin.

      Hapus
  5. Wahh kren bgt. Aku suka kuisnya. Wkwk.. Jdi ingat masa2 skolah dlu. Ckup jago di IPA. Tpi trnyata skrang banyak jga lupa. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diperbanyak membaca saja kak, sesuai dengan arahan Mentri literasi dan numerasi. IPA juga sangat mudah dipahami dengan pengamatan langsung, laboratorium alam bebas.

      Hapus
  6. Serasa masuk kuliah biologi. Jujurly selama ini aku cuma tau akar tunggang dan serabut lho. Gk tau klo ada akar2 yg lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. kelas biologi ^_^ ini masih kelas 4 SD kak, media pembelajaran sekarang banyakvmenuntun dan mengarahkan ke teknologi kak untuk lebih dekat memahami. Jadinya tahu kan, jenis-jenis akar pada tumbuhan jadinya.

      Hapus